Sapa Tau Jadi; Cinta Lintas Iman

Al Kindi Bilfagih, kakak kandung saya, begitu produktif dalam menciptakan lagu. Kendati telah disibukkan sebagai anggota DPRD Kab. Minahasa Tenggara, jiwa seni musik yang telah lama digeluti tak pernah pudar. Pantaslah ia pun Saya input sebagai majelis kebudayaan Lembaga Seni & Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PWNU Sulut. Pengetahuan tentang dunia musiknya tak diragukan lagi, walau hanya sekadar dilingkungan keluarga. Ia menjadi sumber inspirasi kami bersaudara.

Belum lama ini, ia menciptakan lagu yang menurut saya menarik. 'Sapa Tau Jadi', begitu judulnya. Lagu berbahasa Manado ini menggambarkan sebuah fenomena pria muslim yang sedang jatuh cinta kepada wanita gereja. Muslim, karena pencipta lagu dan vocalisnya adalah Al Kindi Bilfagih. Meski latar ciptaan lagu ini terinspirasi dari saudara sepupu kami yang sering melamuni seorang gadis ketika melintas di depan rumah. Wanita gereja, secara kebetulan rumah kami bersebelahan dengan gereja. Saban Minggu, banyak jemaat melaksanakan ibadah di geraja. Tak terkecuali, sang gadis ayu itu.

Lagu 'Sapa Tau Jadi' menurut saya tidak hanya soal ekspresi rasa. Namun ia menjadi simbol perlawanan terhadap stigma miring yang dialamatkan bagi pemeluk agama. Bahwa, memiliki rasa cinta kepada orang yang berbeda agama bukan lagi hal yang tabu. Doktrin agama yang perlu mendapat kajian lebih kritis, yang membatasi hubungan lintas iman, saatnya dikontekstualisasi. Tanpa bermaksud memaksakan keadaan, nampaknya fenomena kehidupan dalam bingkai perbedaan meski diimplementasikan dengan laku hidup saling mengisi.

Walau lagu ini bukan bertujuan untuk membuka kesempatan perjumpaan lintas keyakinan, namun sebagai pesan moral dalam berkehidupan juga terlihat dengan jelas. Ya, sekali lagi, lagu ini diciptakan oleh Bung Kindi yang Muslim. Ia tak ragu, bahwa lakon pria yang jatuh hati kepada wanita gereja bukanlah sebuah kesalahan. Bahkan, pada lirik lagu ini ada ungkapan Sang Pria yang berusaha mencari tahu lebih jauh tentang gadis gereja itu.

So, baiknya nikmati saja lagu tersebut. Walau tak berkesan sekalipun. Celidot ... !

Label:

Entri Populer

Labels

Blog Archive