Dikampung Saya, air sungai adalah sumber kehidupan. Kami minum, makan, mandi, cuci pakaian dan lain sebagainya, memanfaatkan sungai.
Sekarang, ketika air galon yang komersil itu hadir, kami merasa 'jijik' untuk meminum air sungai.
Dengan ini, kami menghina keberadaan sungai. Ia pun merajuk...
Mas Yus, yang menghadap kesini. Saya kesana. |
“Masalahnya begini, Bill. Tanah kita sudah dipenuhi semen (baca; bangunan). Ketika hujan turun, air tidak lagi menyerap ke tanah. Ia mengalir. Berkumpul bersama teman-temannya yang bergerak mencari titik rendah. Sungai biasanya menjadi jalur perjalanan mereka. Kondisi sungai yang tak kuasa menampung air hujan itu, menyebabkan terjadinya arus deras dan akhirnya ia kembali ke atas semen tadi. Gabungan air hujan dan sungai inilah yang kita sebut, banjir.”
Saya asyik mendengar ‘ceramah’ Romo Yustinus Sapto Hardjanto. Sudah lama tak mendapat wejangan dari beliau. Dulu, kala masih berstatus mahasiswa, Sang Romo sering Saya kunjungi untuk diskusi dan bertukar pikiran. Semenjak Saya menetap di Manado, dan beliau di Samarinda, gagasan-gagasan Romo Yustinus hanya bisa dinikmati melalui catatan ringan di akun Facebooknya. Saya menganggap orang Jawa yang pernah lama di Manado dan menetap di Samarinda ini sebagai suhu paling banyak tahu banyak hal. Saya bertanya, beliau tetap punya jawaban. Hehe…
Saat ini, Mas Yus, sapaan akrabnya, sedang disibukkan sebagai aktivis pecinta sungai. “Sungai bagian dari ruang hidup. Jangan maknai ia sebagai saluran pembuangan air menuju laut. Ia juga punya peran yang secara kodrati sangat bermanfaat bagi kehidupan”, ungkapnya. Begitu jarang orang yang berpikir seperti Mas Yus. Kecenderungan orang memahami posisi sungai sebagai jalur untuk meneruskan aliran air dari berbagai titik. Air parit, air hujan, air dari persawahan dan bahkan air dari pegunungan menyatu mengalir ke sungai. Disini, sungai diposisikan sebagai tempat pembuangan “sampah”, baik sampah air itu sendiri hingga sampah-sampah kotoran pada umumnya.
“Kamu harus tahu, Bill. Kita mesti mengembalikan fungsi utama sungai yang meliputi aspek ekologi, hidrologi, sosial, ekonomi, dan kebudayaan.” Mas Yus
menambahkan.
Sesungguhnya, Mas Yus ingin mengajak Saya dan
kebanyakan orang untuk benar-benar mencintai sungai serta memposisikannya sebaik-baiknya.
Anugerah Tuhan melalui sungai sepantasnya dikelola dengan baik. Sungai itu
hidup. Ketika ruangnya dieksploitasi dan “dihancurkan” manusia dengan dalih
pembangunan, maka jangan heran jika ia bergerak mencari ruang hidup lain demi melanjutkan
cita-cita masa depannya. Ia “menerobos” melalui semen-semen. Berselancar
disudut bahkan di tengah-tengah kota yang telah ditumpuk oleh aspal dan
bangunan-bangunan megah. Ketika ia beraktivitas seperti ini, kita menyebutnya
banjir. Kita, lewat penguasa, menghambur-hamburkan uang justru untuk mengeruk saluran
sungai. Itu pun, tetap saja tidak membuatnya menjadi baik, bahkan semakin
merusak dan mengganggu ruang hidupnya.
Air banjir hakikatnya sedang kembali pulang. Ketika
tetesan hujan tak lagi mendapat tempat di tanah-tanah yang menyerapnya,
sungaipun terpaksa menampungnya. Seberapa besar kemampuan sungai menampung air
dari berbagai sumber itu? Apalagi kebanyakan sungai di kota “dipercantik”
dengan semen (betonisasi) pada pinggir kiri-kanannya. Lagi-lagi, semenisasi itu
malah hanya membuat air tak “bersetubuh” dengan tanah yang seyogyanya mereka
memanglah pasangan indah.
“Jadi, Bill. Kita mesti sampaikan kepada semua orang,
utamanya mereka yang hari ini duduk sebagai penguasa. Jangan buat kebijakan pembangunan
yang justru memperparah keadaan. Seriusnya memahami keberadaan sungai dan
mengelolanya dengan baik pula. Bagi Saya, kalau mengabdi bersama sungai adalah
salah satu cara menuju ke surga.” Romo mengakhiri percakapan.
Obrolan terhenti. Saya masih ingin meneruskan pembahasan. Selanjutnya Saya butuh informasi dari Mas Yus tentang sungai yang berfungsi meliputi aspek ekologi, hidrologi, sosial, ekonomi dan kebudayaan. Mudahan, diskusi selanjutnya bisa menjelaskan semua itu, dan seperti biasa, akan Saya tulis lagi secara ringan di blog ini. Terima Kasih diskusinya, Mas.
Obrolan terhenti. Saya masih ingin meneruskan pembahasan. Selanjutnya Saya butuh informasi dari Mas Yus tentang sungai yang berfungsi meliputi aspek ekologi, hidrologi, sosial, ekonomi dan kebudayaan. Mudahan, diskusi selanjutnya bisa menjelaskan semua itu, dan seperti biasa, akan Saya tulis lagi secara ringan di blog ini. Terima Kasih diskusinya, Mas.
Label:
Lingkungan